Malaysia dan Filipina Harus Serius Jaga Perairan Kawasan

JAKARTA (KRjogja.com) – Dua WNI kembali diculik di Perairan Sabah, Malaysia. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung berkomunikasi dengan otoritas Malaysia dan Filipina. Selain Menlu Malaysia, dia juga sudah berbicara dengan penasihat Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Retno menjelaskan, Indonesia meminta kedua negara tersebut lebih serius dalam menjaga keamanan perairan masing-masing. Sehingga kesepakatan yang sudah terjalin antara ketiga negara bisa berjalan dengan baik.

"Saya tidak akan habis atau berhenti meminta perhatian mereka karena isu inilah yang saya bawa pada saat saya berkunjung terakhir ke Kuala Lumpur kemudian ke Kota Kinabalu dan ke Sandakan," jelas Retno dalam keterangnnya, Senin (21/11/2016).

Pada kesempatan berkunjung ke beberapa lokasi di Malaysia, Retno sempat bertemu dengan anak buah kapal di sana. Rupanya, 80 persen dari ABK atau nelayan yang mencari ikan di wilayah Sabah dan sekitarnya itu adalah nelayan Indonesia.

"Saya sudah sampaikan semua laporan kepada Bapak Presiden dan saya juga tekankan mengenai pentingnya bagi pemerintah dan otoritas Malaysia untuk dapat meningkatkan keamanan di wilayah air mereka," tutur Retno. (*)

BERITA REKOMENDASI