Malaysia Hentikan Impor dari Korut

Editor: Ivan Aditya

MALAYSIA, KRJOGJA.com – Malaysia menghentikan impor dari Korea Utara yang merupakan bagian dari upaya global untuk mengurangi pendanaan program nuklir dan rudal negara pimpinan Kim Jong Un tersebut. Data departemen statistik Malaysia memperlihatkan bahwa negara yang sebelumnya adalah sekutu dekat Korea Utara ini tidak membeli barang pada Juni dan Juli 2017.

Lima bulan pertama tahun ini Malaysia membelanjakan dana sebesar US$4,89 juta untuk membeli barang dari Korea Utara. Hubungan Korea Utara dan Malaysia menjadi renggang sejak pembunuhan kakak Kim Jong Un di bandara internasional Kuala Lumpur.

Amerika Serikat dan Korea Selatan sebelumnya mengatakan bahwa pembunuhan dilakukan atas perintah Kom Jong Un. Bulan lalu Kuala Lumpur melarang warga negara itu berkunjung ke Korea Utara. Langkah ini diambil dua minggu setelah Perdana Menteri Najib Razak bertemu dengan Pesiden Donald Trump di Gedung Putih.

Kunjungan ini mendorong popularitas Perdana Menteri Najib di dalam negeri setelah terseret kasus terkait dana investasi pemerintah yang sedang diselidiki oleh Departemen Kehakiman AS. Setelah pertemuan itu Trump mengatakan bahwa Perdana Menteri Malaysia ini tidak lagi melakukan hubungan bisnis dengan Korea Utara, dan kami menganggap langkah itu sangat penting.

Malaysia adalah sumber pemasukan keuangan Korea Utara yang utama. Warga dari kedua negara bisa saling mengunjungi tanpa visa. Ratusan warga Korea Utara bekerja di Malaysia, dan yang terpenting adalah operasi menyalurkan uang tunai ke rejim Korea Utara. (*)

BERITA REKOMENDASI