Malaysia Kirim Bantuan untuk Pengungsi Rohingya

Editor: Ivan Aditya

MALAYSIA, KRJOGJA.com – Krisis yang terjadi di Rakhine, Myanmar memang menjadi sorotan masyarakat dunia. Berbagai negara berusaha menghentikan penyerangan yang dilakukan oleh otoritas bersenjata negara tersebut terhadap etnis Rohingya.

Salah satu negara yang turut menyoroti masalah ini adalah Malaysia. Desakan untuk menghentikan kasus ini juga dilakukan oleh Pemerintah Negeri Jiran. Bahkan, pada awal September, Pemerintah Malaysia hingga memanggil Duta Besar Myanmar untuk Malaysia, U Zaw Myint.

Menurut Anggota Parlemen Malaysia, Budiman Mohammad Zohdi, tindakan yang dilakukan Pemerintah Malaysia sama seperti Indonesia. Malaysia terus memberikan bantuan kepada pengungsi Rohingya.

“Malaysia seperti Indonesia mengantar kapal bantuan ke Bangladesh. Relawan kami sudah berada di sana saat ini,” ujar Budiman.

Menurutnya, permasalahan etnis Rohingya ini sudah terjadi sejak lama. Pemerintah di seluruh dunia harus segera mengambil langkah untuk menghentikan masalah ini. Etnis Rohingya harus mendapat kejelasan agar tak mendapati kekerasan kembali. (*)

BERITA REKOMENDASI