Mantan Kepala Pasukan Khusus Jadi Menteri Perang ISIS

Editor: Ivan Aditya

IRAK (KRjogja.com) – Kolonel Gulmurod Khalimov, mantan kepala pasukan khusus Tajikistan yang pernah dilatih Amerika Serikat (AS) telah diangkat menjadi Menteri Perang di kelompok ISIS. Khalimov membelot dan bergabung dengan ISIS pada 2015.

Khalimov yang dikenal sebagai ‘The Tajik’ di kalangan kelompok Islamic State (ISIS) telah dipromosikan untuk menggantikan Abu Omar al-Shishani yang juga dikenal sebagai ‘Ginger Jihad’ sebagai ‘Menteri Perang’ ISIS. Shishani Menteri Perang ISIS sebelumnya yang berasal dari Georgia dan pernah bertempur di Chechnya, tewas dalam serangan udara AS pada Juli 2016.

Sumber keamanan Irak yang dikutip Iraq News mengatakan bahwa ISIS tidak resmi mengumumkan promosi Khalimov karena takut dia akan menjadi sasaran serangan koalisi yang dipimpin AS. Amerika percaya Khalimov menjadi salah satu pemimpin senior ISIS. AS menawarkan hadiah sebesar USD3 juta untuk informasi yang mengarah pada lokasi atau penangkapan Khalimov.

Sejak bergabung dengan ISIS, Khalimov pernah muncul dalam video yang diunggah di YouTube. Dalam video, dia tampak berada di Mosul dan bersumpah setia pada pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi. (*)

BERITA REKOMENDASI