Mantan Menkeu Malaysia Menyangkal Tuduhan Korupsi

Editor: Ivan Aditya

MALAYSIA, KRJOGJA.com – Mantan Menteri Keuangan Malaysia, Lim Guan Eng mengaku tidak bersalah atas dua tuduhan korupsi baru yang didakwakan dan dibacakan di pengadilan.

Lim dikenakan dua dakwaan baru yakni menyalahgunakan properti negara bagian Penang senilai 208,7 juta ringgit atau sekitar Rp748 miliar. Dia menganggap tuduhan itu merupakan tindakan putus asa yang dijadwalkan menjelang pemilihan umum di negara bagian Sabah.

“Itu benar-benar tidak berdasar dan bermotivasi politik, dan menodai citra saya serta mencoreng reputasi saya menjelang pemilihan Sabah-juga mungkin pemilihan umum yang akan datang,” katanya.

Lim adalah bagian dari pemerintahan reformis yang digulingkan pada Maret. Pemerintahan baru Perdana Menteri Muhyiddin Yassin didukung oleh partai-partai yang tercemar korupsi yang kalah dalam pemilihan umum 2018.

Meskipun pemungutan suara nasional tidak akan berlangsung hingga 2023, Muhyiddin berada di bawah tekanan dari sekutu di pemerintahannya untuk menyerukan pemilihan cepat karena koalisinya hanya memiliki mayoritas dua kursi di Parlemen. (*)

BERITA REKOMENDASI