Mantan Presiden Korsel Ditahan

Editor: Ivan Aditya

KORSEL, KRJOGJA.com – Presiden Korea Selatan ke-17 Lee Myung-bak ditahan kepolisian atas tuduhan korupsi. Presiden Korsel periode 2008-2013 itu didakwa sejumlah kasus termasuk penyuapan, penyalahgunaan wewenang, penggelapan uang, hingga penghindaran pajak.

Dalam tayangan yang disiarkan secara langsung di televisi,  Lee, yang mengenakan jas berwarna gelap dan dasi, keluar dari rumahnya menuju sebuah mobil hitam yang didampingi kendaraan polisi. Mobil yang ditumpangi Lee tak lama terlihat memasuki Pusat Tahanan Kota Seoul Timur. Pria 76 tahun itu akan menjalani tes kesehatan sebelum berganti pakaian tahanan.

Penahanan dilakukan setelah Pengadilan Distrik Kota Seoul mengeluarkan surat perintah penahanan Lee setelah penyidik beberapa kali menginterogasinya pekan lalu. Melalui pernyataan, pengadilan mengatakan penahanan Lee diperlukan karena sebagian besar tuntutan didasari oleh bukti kuat. Penahanan juga dilakukan untuk mencegah kemungkinan Lee memusnahkan barang bukti penyelidikan.

Sebelum di tahan Lee berkeras membantah seluruh tudingan yang mengarah kepadanya. Namun, sebelum ditahan, Lee mengaku menyesali perbuatannya. (*)

BERITA REKOMENDASI