Manusia Tertua di Dunia Tutup Usia

KINGSTON, KRJOGJA.com – Perempuan yang mendapatkan gelar manusia tertua di dunia, Violet Mosse-Brown, dilaporkan tutup usia. Brown yang wafat pada usia 117 tahun mengembuskan napas terakhirnya di Fairfield Medical Center pada Jumat.

Sebagaimana dikutip dari ABC.net.au, Minggu (17/9/2017) Brown yang berusia 117 tahun dan 38 hari meraih gelar manusia tertua di dunia usai wafatnya Emma Morano pada April 2017. Sebelum wafat, ia dipercaya sebagai orang terakhir yang masih hidup ketika Ratu Victoria memimpin.

Pada saat ditanya mengenai pendapatnya sebagai manusia tertua di dunia, Brown hanya menjawabnya dengan kalimat sederhana. “Ini yang Tuhan berikan kepada saya, jadi saya harus mengambilnya,” tutur Brow pada April 2017 di rumahnya yang berlokasi di Kota Duanvale.

Perempuan yang lahir pada 10 Maret 1900 itu menjelaskan bahwa ia menghabiskan masa hidupnya untuk memotong tebu di sekitar rumahnya. Ia kemudian setiap hari minggu pasti datang ke gereja.

“Sungguh, ketika orang bertanya kepada saya apa yang harus dimakan dan diminum agar bisa hidup begitu lama, saya katakan kepada mereka bahwa saya makan semuanya, kecuali daging babi dan ayam, dan saya juga tidak minum rum dan minuman alkohol lainnya,” ujar Brown kepada kepada media setempat ketika ia berulang tahun ke 110.

Brown mengucapkan bahwa rahasia hidup panjangnya adalah kerja keras dan imannya kepada Tuhan. “Saya hampir melakukan semuanya di gereja. Saya menghabiskan semua waktu saya di gereja. Saya suka bernyanyi. Saya menghabiskan waktu saya di gereja ketika masih anak-anak hingga sekarang,” jelas Brown. (*)

BERITA REKOMENDASI