Masjid Bir Ali, Belum Sah Umrah dan Haji Sebelum Ketempat Ini

Editor: KRjogja/Gus

MADINAH, KRJOGJA.com – Sebagai upaya menjaga kesempurnaan atau keshahihan dalam rangkaian prosesi ibadah haji, jemaah asal Indonesia yang mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah wajib mengambil miqat niat ihram di Zulhulaifah Masjid Bir Ali.

 

Bukan hanya itu, jemaah umrah yang berada di Madinah yang ingin ke Makkah juga wajib mengambil niat ihram dari tempat tersebut. Jika tidak, maka umrah maupun hajinya tidak sah. Atau paling tidak harus mengambil miqat dari tempat terdekat dari Makkah yang sudah ditentukan.

Untuk diketahui, Masjid Bir Ali dibangun pada masa Rasulullah SAW. Dulunya terdapat sebuah pohon berbentuk akasia, pohon tersebut menjadi tempat bernaungnya Rasulullah SAW ketika ingin menjalani umrah. Kemudian masjid ini dibangun di dekat pohon tersebut.

Sejarahnya, lokasi ini dijadikan Rasulullah SAW tempat melaksanakan miqat dan berihram untuk umrah yang kemudian hingga saat ini jemaah seluruh penjuru dunia meneladani jejak Rasulullah SAW untuk miqat dan berihram di Bir Ali.

Nama Bir Ali sendiri diberikan saat Ali bin Abi Thalib menggali sumur dengan jumlah sangat banyak di masjid ini. Karena itulah tempat ini diberi nama Bir Ali. Bir artinya sumur dengan bentuk jamak, sedangkan Ali merupakan tokoh yang telah menggali sumur tersebut paling banyak.

Namun saat ini sumur-sumur itu tertutup bangunan di sekitar masjid dan masjid itu sendiri. Masih ada satu sumur yang bisa diakses pengunjung yang berada di dalam kompleks masjid.

Menurut informasi dari beberapa pekerja di Masjid Miqat, salah satu sumur ada di luar kawasan masjid. Letaknya sekitar 1 kilometer dari masjid ini. Namun beberapa sumur menjadi sumber air untuk masjid ini.

Dalam kompleks masjid sendiri banyak ditumbuhi pohon kurma. Jemaah berkesempatan mengambil langsung kurma tersebut saat sejumlah penjaga mengucapkan kata 'halal..halal'. Bahkan mereka akan dengan senang hati mengambilkan jika memang jemaah berminat. (Feb)

 

BERITA REKOMENDASI