Masjid Quba Simbol Perlawanan Adu Domba Umat Islam

Editor: Ivan Aditya

MADINAH, KRJOGJA.com – Saat Rasulullah SWT masih hidup, sudah ada sekelompok orang yang mengaku Islam namun memiliki niat mengadu domba kaum muslim. Mereka lantas mendirikan masjid ghirar yang niatnya dipakai untuk mengadu domba kaum muslim ketika itu.

"Kenapa Masjid Quba ini menjadi salah satu masjid yang wajib dikunjungi umat muslim, khususnya saat musim haji seperti ini? Karena Masjid Quba memiliki historis sejarah Islam yang sangat penting. Masjid ini nilai sejarahnya menjadi antitesa terhadap keberadaan masjid ghifar yang didirikan dengan niat mengadu domba sesama muslim di jaman Rasul," sebut Staf Khusus Menteri Agama RI yang juga Pengendali Teknis Bidang Bimbingan Ibadah PPIH, Oman Fathurahman sela visitasi di sejumlah tempat, termasuk Masjid Quba kepada tim MCH 2019, Kamis (18/07/2019).

Dijelaskan Oman, karena Rasulullah SAW merupakan Nabi yang dibimbing langsung oleh Allah SWT, beliau diberi petunjuk untuk mendirikan masjid. Hal it juga dijelaskan dalam Alquran Surat At Taubah 108 yang secara tidak lansung menegaskan Masjid Ghirar dibuat orang munafik, sehingga umat Islam dilarang salat di tempat tersebut. Sementara Masjid Quba seperti dimaksud dalam ayat yang sama, ditegaskan pula sebagai antitesa untuk membentengi dari adu domba.

"Hikmahnya bagi jemaah haji, jika kembali ke tanah air setelah ziarah ke Masjid Quba saat ceramah di tempat ibadah janganlah memiliki tujuan adu domba, provokatif atau menyebarkan berita yang tidak benar di masjid," ungkap Oman. (Feb)

BERITA REKOMENDASI