Maskapai India Didenda Karena Pesawat Buang Tinja di Udara

INDIA (KRjogja.com) – Sebuah maskapai di India akan didenda sebesar 50.000 rupee atau sekitar Rp 9,9 juta. Menurut keputusan pengadilan New Delhi, hal itu berlaku jika pesawat miliknya membuang kotoran manusia sembarangan.

Toilet yang berada di pesawat memiliki tangki khusus untuk menyimpan limbah dan biasanya dibuang setelah pesawat mendarat. Namun otoritas penerbangan internasional mengakui bahwa kebocoran dapat terjadi di udara.

Pengadilan telah meminta regulator penerbangan untuk memastikan pesawat tidak melepaskan kotoran manusia dari udara, ketika sedang mendarat atau di dekat bandara.

Dikutip dari Bernama, Rabu (21/12/2016), pengadilan lingkungan National Green Tribunal juga mengarahkan regulator untuk memastikan bahwa pesawat yang mendarat harus diinspeksi guna melihat tangki limbah toilet tidak kosong.

"Jika pesawat apa pun ditemukan bertangki kosong ketika mendarat, mereka harus dikenai denda lingkungan sebesar 50.000 rupee setiap melakukan keteledoran," ujar seorang pejabat pengadilan tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI