Massa Rompi Kuning Siap Demo Lagi

Editor: Ivan Aditya

PRANCIS, KRJOGJA.com – Demonstran rompi kuning di Perancis kembali bersiap untuk melakukan protes Sabtu ke-enam. Hanya saja jumlah demonstran di jalan-jalan turun dengan cepat ketika polisi mulai membersihkan kamp protes jelang liburan Natal. 

Para demonstran mulai membagi massa pada Jumat lalu untuk menggelar unjuk rasa besar di daerah Paris lainnya, atau di Versailles.  Seresahan mulai terjadi, pihak berwenang mengatakan mereka akan menutup tempat wisata Istana Versailles.

Dalam sebuah event di Facebook yang diorganisir oleh rompi kuning dan dipimpin oleh Eric Drouet mendaftar 1.400 orang sebagai peserta demonstrasi di Versailles. Selanjutnya ada 8 ribu orang yang menyatakan ketertarikannya untuk ikut protes.

Sementara itu, para penjaga toko di Paris, sekalipun masih menutup tokonya selama dua pekan terakhir didesak untuk berhati-hati saat menjaga tokonya agar tak dijarah. Demo lanjutan juga direncanakan di Lyon, Toulouse, Orleans, dan Brittany.

Pada Jumat malam, senat Perancis menyetujui langkah-langkah untuk membantu pekerja miskin dan pensiunan. Langkah tersebut mulai berlaku pada awal 2019. (*)

BERITA REKOMENDASI