Masuk Masa Kampanye, Elektabilitas Trump Malah Menurun

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Tingkat keterpilihan calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden, dilaporkan unggul 13 poin dari petahana yang diusung Partai Republik, Donald Trump.

Hasil tersebut diketahui dari jajak pendapat dari Reuters-Ipsos. Dalam survei tersebut, 48 persen responden mengatakan mereka akan memilih Biden, dan 35 persen lainnya mengatakan akan mendukung Trump.

Trump mengetahui perolehan suaranya menurun dalam jajak pendapat di beberapa bulan terakhir. Penurunan itu diduga sebagai kritik atas penanganannya terhadap pandemi virus corona, dan tanggapannya terhadap aksi protes nasional atas terbunuhnya George Floyd di tangan polisi dan rasisme kepada kulit hitam.

Sebanyak 55 persen responden mengatakan mereka tidak puas dengan penanganan pandemi ala Trump yang telah menewaskan lebih dari 115.000 warga Amerika. Hanya 40 persen responden yang menyetujui kebijakan yang diambil Trump di masa krisis.

Sebaliknya, sekitar dua pertiga dari responden yang disurvei ikut bersimpati terhadap aksi protes yang telah berlangsung selama lebih dari tiga pekan.

Secara terbuka, Trump mengambil sikap agresif terhadap aksi protes. Memang di beberapa wilayah demonstrasi itu memicu aksi penjarahan dan perusakan properti. (*)

BERITA REKOMENDASI