Mau Tahu Persiapan Ramadan di Taiwan? Ini Dia 6 Caranya!

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR Muslim No 2699).

Keempat, persiapan jiwa dan spiritual (tazkiyatun nafs). Sebagian cara untuk mempersiapkan jiwa dan spiritual untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan adalah dengan jalan melatih dan memperbanyak ibadah di bulan sebelumnya. Minimal memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya’ban.

 

Aisyah ra berkata, “Aku belum pernah melihat Nabi berpuasa sebulan penuh kecuali bulan Ramadan, dan aku belum pernah melihat nabi berpuasa sebanyak yang ia lakukan di bulan Sya’ban.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat lain, dari Usamah bin Zaid berkata, aku bertanya, “Wahai Rasulullah, aku belum pernah melihatmu berpuasa di bulan-bulan lain sesering di bulan Sya’ban.” Beliau bersabda, “Itu adalah bulan yang diabaikan oleh orang-orang, yaitu antara bulan Rajab dengan Ramadhan. Padahal di bulan itu, amal-amal diangkat dan dihadapkan kepada Rabb semesta alam. Maka aku ingin amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa.” (HR An-Nasa’i dan Abu Daud)

BERITA REKOMENDASI