Mau Tahu Persiapan Ramadan di Taiwan? Ini Dia 6 Caranya!

Kelima, persiapan finansial. Ibnu Abbas berkata, “Nabi adalah orang yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan di bulan Ramadan.” [HR Al Bukhari dan Muslim].

 

Keenam, persiapan fisik, menjaga kesehatan. Rasul bersabda, “Pergunakanlah kesempatan yang lima sebelum datang yang lima; masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kayamu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, dan masa hidupmu sebelum datang kematianmu.” [HR. Al-Hakim]

 

“Terkhusus mahasiswa baru di Taiwan, ada beberapa masjid yang dapat dikunjungi. Misalnya: Taipei Grand Mosque (TGM), Tainan Mosque, Taichung Mosque, Taipei Cultural Mosque. Dua tahun terakhir ini, Masjid Agung Taiwan (TGM) tidak mengadakan buka puasa bersama. Namun masih mengadakan shalat Tarawih bersama,” jelas Muhammad Muslih, pembicara kajian dan mahasiswa PhD di College of Nursing, Taipei Medical University, Taiwan.

 

Kegiatan dwi mingguan yang diselenggarakan oleh Indonesian Muslim Student Association (IMSA) TMU ini bertempat di room 2301 TMU, hari Jumat 09 April 2021. Sekitar 33 orang peserta sangat antusias mengikuti acara hingga usai. Selain menambah pengetahuan dan pengalaman baru, sebagian mahasiswa baru yang hadir memang sengaja meluangkan waktu untuk saling bersilaturahmi, sekaligus memperkuat ukhuwah.

 

“Kajian ini menambah wawasan dan paparan baru, terutama untuk mahasiswa baru yang tahun ini menjalankan puasa Ramadan di negeri orang (Taiwan).” Demikian ungkap Syahru Agung Setiawan.

 

Dia mahasiswa baru program PhD di International Graduate Program in Medicine (IGPM), College of Medicine, Taipei Medical University (TMU), Taiwan. [Liputan langsung oleh Dito Anurogo, peserta kajian, mahasiswa S3 IPCTRM TMU Taiwan]

BERITA REKOMENDASI