Mbah Moen Sempat Berwasiat Ingin Meninggal di Makkah

MAKKAH, KRJOGJA.com – "Aku ini kepengen wafat Dina Selasa pas haji neng Makkah".  Ucapan itu yang sempat terlontar dari sosok KH Maimoen Zubair pada santrinya beberapa waktu lalu. Sekilas lalu tidak ada hal yang sangat penting dari pesan kyai sepuh pengasuh Ponpes Al Anwar Sarang Rembang tersebut.

BACA JUGA :

Mbah Moen Wafat, Ketum PP Muhammadiyah Sampaikan Dukacita

Mbah Moen Rencananya Akan Dimakamkan di Makkah

Tapi beberapa bulan kemudian, tepatnya Selasa (6/8) atau bertepatan 5 Dzulhijjah 1440H yang merupakan musim haji, Mbah Moen wafat saat berada di Makkah dan hendak mengerjakan ibadah haji. Allahumaghfirlahu warhamh wa'afihi wa'fuanhu.

Tepat Selasa (6/8) pukul 04.17 di RS An Noer Makkah, Mbah Moen puput usia di umur 93 tahun. "Pesan itu pas hari ini dan berada di Makkah," ucap KH Labib Shodiq Suhaimi, pengasuh PP Al Hikmah Brebes yang juga besan Mbah Moen dijumpai KR sebagai bagian Tim MCH 2019.

Almarhum yang sudah sejak 29 Juli 2019 berada di Tanah Suci begitu awal kedatangan sudah langsung diserbu ratusan santri, pejabat, ulama dan jemaah yang mengetahui keberadaan beliau. Sama halnya ketika di tanah air yang tamunya terus mengalir 24 jam, saat di Saudi Arabia hal itu juga terjadi.

Saat dalam kondisi capek itulah, kondisi Mbah Moen drop dan langsung dibawa ke rumah sakit hingga akhirnya tutup usia. (Feb)

BERITA REKOMENDASI