Media Inggris Soroti Kemenangan Trump

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Sejumlah media Inggris menerbitkan laporan paranoid akan pecahnya Perang Dunia (PD) III setelah Donald Trump terpilih sebagai presiden baru Amerika Serikat (AS). Media-media Inggris yang mengutip para pakar menulis bahwa dunia berada di ketidakpastian ketika Trump jadi pemimpin AS.

Salah satu media Inggris Daily Mirror, menerbitkan laporan berjudul; “Are we heading for World War 3? Fears of ‘dangerous and volatile’ world under ‘maverick’ President Trump (Apakah kita menuju Perang Dunia 3? Ketakutan ‘berbahaya dan volatil’ dunia di bawah ‘maverick’ Presiden Trump).”

Trump, dalam laporan itu diragukan akan mempertahankan sanksi AS terhadap Rusia atas tindakannya menganeksasi Crimea dari Ukraina. Trump juga diragukan kebijakannya terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad, kesepakatan nuklir Iran hingga pengekangan program nuklir Korea Utara.

Dr Brian Klaas dari London School of Economics takut Trump benar-benar akan jadi presiden yang mengakhiri peran AS sebagai “polisi dunia” dan membuat Presiden Rusia Vladimir Putin semakin berani.

”Saya pikir kita bangun di dunia yang jauh lebih berbahaya daripada ketika kami pergi ke tempat tidur,” ujar Klaas. ”AS menarik diri dari NATO akan jadi perkembangan paling berbahaya dalam beberapa dekade, sejak akhir Perang Dingin,” lanjut Klaas mengacu pada komentar Trump ketika kampanye dengan menyebut NATO sebagai aliansi usang.

“Negara-negara Baltik bangun untuk sebuah horor. Dia (Trump) telah menjadi pembela Vladimir Putin, Ukraina dan Georgia akan sangat gugup,” katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI