Menaker-Menkeu Berkomitmen Kembangkan Pelatihan Vokasi

SINGAPURA, KRJOGJA.com – Kunjungan kerja Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani ke Institute of Technical Education (ITE) Singapore dimaksudkan untuk meninjau langsung pelaksanaan pendidikan dan pelatihan vokasi yang dijalankan di negara tersebut.

"Kita berdua berkomitmen untuk mengembangkan pendidikan dan pelatihan vokasi yang menjadi program prioritas pemerintah sesuai arahan Presiden Jokowi," tutur Hanif dalam pernyataannya di Jakarta, Minggu (17/9/2017).

Ia dalam kunjungannya bersama Menkeu Sri Mulyani melakukan peninjauan ke pusat pelatihan maritim, workshop aerospace bidang penerbangan, serta mengunjungi workshop teknik dan manufaktur yang berada di kampus ITE Singapura. Hanif menuturkan, pelatihan vokasi di Indonesia terus ditingkatkan kualitasnya, menuju arah yang ideal melalui program kerja yang massif, fokus, dan terarah.

"Pengembangan pelatihan vokasi dilakukan dengan melibatkan pelaku industri dalam menyusun konsep kurikulum dan instruktur," tutur Hanif. Upaya itu, imbuhnya, dimaksudkan agar apa yang diajarkan pada pelatihan vokasi 'nyambung' dengan kebutuhan pasar kerja. Karenanya, perbaikan fasilitas dan sarana serta prasarana pendukung pelatihan vokasi terus dilakukan. (Ful)

BERITA REKOMENDASI