Menghitung Mundur Peresmian Cafe Dangdut di New York

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Kurang dari seminggu lagi, tepatnya tanggal 3 September 2021 masyarakat New York City akan diberikan ‘kejutan’ oleh Indonesia dengan peresmian Café Dangdut.

Menurut Konjen RI di New York, Dr Arifi Saiman, Soft Launching Café Dangdut akan diselenggarakan di Gedung WTC Financial Center New York. Dalam acara Soft Launching ini, sebuah Coffee Truck berlogo Café Dangdut New York akan hadir dan berada di WTC selama 1 (satu) hari penuh dari pukul 10.00 – 19.00 EST.

Yang menarik Café Dangdut New York dibentuk dengan konsep coffee shop yang bersifat permanen dan coffee truck yang bersifat ‘mobile’ dengan sajian menu kopi Indonesia dari berbagai daerah penghasil kopi di tanah air, mulai dari kopi Aceh sampai dengan kopi Papua.

”Mekanisme bisnis Café Dangdut New York berbasis ‘franchise’ sehingga ke depan Cafe Dangdut New York dapat hadir di kota-kota lain di Amerika Serikat dan kota-kota lain di dunia”, ujar Konjen Arifi Saiman.

Pendirian Cafe Dangdut New York berangkat dari idealisme untuk menjadikan Café Dangdut New York.”Jadi selain bertujuan memperkenalkan musik dangdut di mancanegara, juga bertujuan sebagai ‘outlet’ sekaligus ‘etalase’ kopi Indonesia dan produk industri kreatif UMKM (merchandise) seperti kaos, cangkir serta kuliner khas Indonesia di New York. Kedepan direncanakan akan didirikan di kota-kota lain di AS dan di dunia”, kata Arifi Saiman.

Ada alasan khusus bagi Dr. Arifi Saiman untuk mendirikan Cafe Dangdut di kota kosmopolitan dunia ini. New York adalah kota pusat industri musik dunia, Café Dangdut New York juga mengemban misi untuk membantu memfasilitasi kehadiran dan kiprah artis Indonesia di belantika musik AS, seperti Sara Fajira dari Surabaya yang saat ini sedang dalam negosiasi kontrak dengan label di AS.

Gagasan pendirian Café Dangdut New York tercetus dari perbincangan ‘IG Live’ antara Konjen RI New York dan artis dangdut Fitri Carlina pada tanggal 21 Februari 2021.

Pendirian Café Dangdut New York ini kemudian ditindaklanjuti dengan pendirian Rumah Kopi – Dangdut Indonesia di KJRI New York, sebuah tempat sarana promosi kopi Indonesia dan musik Dangdut di wilayah kerja KJRI New York, yang peresmiannya disiarkan secara ‘live’ bersama Rhoma Irama dan Soneta Group nya di stasiun televisi Indosiar pada tanggal 26 Februari 2021.

Acara Soft Launching Café Dangdut New York menurut rencana akan dihadiri oleh Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI Nia Niscaya beserta tim Kemenparekraf dan sejumlah artis Indonesia di antaranya artis Dangdut Fitri Carlina.

Alternatif lainnya untuk mengadakan launching adalah di Times Square,lokasi ikonik di New York City yang saat ini sedang dalam pembahasan antara KJRI New York dan tim manajemen Café Dangdut. (*)

BERITA REKOMENDASI