Mengungkap Misteri Corona yang Menginfeksi Trump

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan bahwa dia dan istrinya, Melania, terjangkit virus corona Covid-19 pada Kamis (02/10/2020). Beberapa orang lain yang memiliki koneksi dengan kepresidenan semuanya tertular Covid-19 pada waktu yang hampir bersamaan.

Ahli epidemiologi AS mencoba memecahkan misteri Trump tertular Covid-19. Secara epidemiologis ini bisa menjadi contoh dari ‘penyebaran rumah tangga’ klasik, di mana satu orang menularkan penyakit kepada orang yang tinggal bersamanya.

Atau mungkin itu adalah ‘penyebaran komunitas’ di antara orang-orang yang melakukan kontak biasa yang memungkinkan virus menyebar dari lingkungan ke lingkungan, kota ke kota, bangsa ke bangsa.

Para ilmuwan semakin berpikir bahwa mode utama penularan Covid-19 adalah sebagai aerosol, kumpulan ingus mengandung virus berukuran sangat kecil yang terbawa tinggi di udara.

Seseorang yang terperangkap di ruangan yang dipenuhi aerosol virus bisa terjangkit virus tersebut apabila melakukan kontak dengan aerosol. Seseorang bisa terjangkit apabila ia terlalu lama berada dekat dengan seseorang yang menjadi sumber virus itu.

Akan tetapi, tidak ada yang tahu definisi ‘lama’ tersebut, atau siapa yang lebih mungkin terinfeksi, atau lebih menular. Virus itu menyebar bagai uap yang tidak terlihat, tetapi pengetahuan tentangnya sulit untuk diketahui. Tidak pernah mudah untuk melihat partikel kecil yang berada di udara. (*)

BERITA REKOMENDASI