Menlu Amerika akan Kunjungi China

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS), Rex Tillerson, dijadwalkan untuk mengunjungi China pada pekan ini. Kunjungan tersebut ditujukan untuk membahas krisis Korea Utara (Korut) serta mengenai kerjasama bilateral China-AS.

Kunjungan Tillerson itu akan dimulai pada Kamis 28 September 2017 hingga Sabtu 30 September 2017. Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Heather Nauert, mengatakan bahwa kunjungan ini juga untuk mempersiapkan kedatangan Presiden Donald Tump ke China pada November 2017.

Kunjungan ini dilakukan di tengah semakin memanasnya Semenanjung Korea khususnya semenjak Korut mengklaim bahwa AS telah mengobarkan perang. Hal ini tentu saja dibantah oleh pihak Gedung Putih.

Namun satu hal yang dipastikan menjadi agenda utama dari Tillerson adalah membahas Korut yang terus mengembangkan senjata nuklir dan rudal balistiknya. Pengamat politik internasional di Beijing, Su Hao, mengklaim pembahasan nuklir tentu saja menjadi prioritas utama Menlu AS tersebut.

“Karena situasi telah berubah banyak semenjak kedua presiden (Trump dan Xi Jinping-red) bertemu pada April dan risiko perang telah meningkat secara signifikan, China dan AS harus memiliki konsensus terkait solusi. Apakah itu melibatkan tindakan keras atau damai. Dan juga, jika ada keadaan darurat, bagaimana mengatasinya,” ujar profesor di China Foreign Affair University tersebut.

Namun yang Su dapat pastikan adalah keputusan China terkait hubungannya dengan Negeri Paman Sam. “Beijing sangat menginginkan menjamin dan menstabilkan hubungan China-AS selama masa Pemerintahan Trump,” tambahnya. (*)

BERITA REKOMENDASI