Menlu Amerika Segera Kunjungi

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo dikabarkan akan kembali bertolak ke Korea Utara guna mendiskusikan rencana Kim Jong-un melucuti senjata nuklir negaranya.

Pompeo terpaksa membatalkan rencananya bertemu Menlu India di Washington pada 6 Juli mendatang karena harus bertolak ke Pyongyang. Pejabat Kementerian Luar Negeri AS menolak mengonfirmasi laporan Financial Times ini.

Mereka juga menyatakan tidak ada jadwal kunjungan Pompeo dalam waktu dekat yang dapat dipublikasikan seperti biasanya. Namun, pekan lalu mantan Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) itu mengatakan akan kembali berkunjung ke Korut dalam waktu dekat "sebelum terlalu lama" menyempurnakan komitmen yang dibuat Trump dan Kim Jong-un di Pulau Sentosa.

Di depan Senat, Pompeo juga meyakini bahwa rezim Kim Jong-un mengerti keinginan AS secara menyeluruh terkait perlucutan senjata nuklir sepenuhnya seperti yang dinegosiasikan kedua pemimpin sebelumnya.

Jika benar, lawatan Pompeo ke Korut kali ini merupakan yang perdana setelah Presiden Donald Trump bertemu dengan Kim Jong-un di Singapura pada 12 Juli lalu. (*)

BERITA REKOMENDASI