Menlu Retno Kumpulkan Dukungan untuk Palestina

BRUSSEL, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia (RI), Retno Marsudi tiba di Brussels, Belgia hari ini untuk mengumpulkan dukungan politik bagi Palestina. 

Menlu Retno diketahui melakukan pertemuan bilateral dengan Komisioner Uni Eropa (UE) untuk urusan Luar Negeri dan Pertahanan, Federica Mogherini.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno menyampaikan harapan kepada negara-negara UE, yang menjunjung tinggi hukum dan norma internasional, untuk tetap berpegang kepada keputusan ‘status quo’ yang telah ditetapkan PBB mengenai status Yerusalem. Ia juga mendesak negara-negara UE untuk tidak mengikuti jejak Amerika Serikat (AS).

"Indonesia mengharapkan negara-negara Uni Eropa untuk tidak mengikuti jejak unilateral Amerika Serikat mengenai status Yerusalem,” ujar Menlu Retno sebagaimana dikuti dari rilis resmi yang diterima Okezone, Kamis (14/12/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Menlu RI juga menyampaikan hasil-hasil dari KTT Luar Biasa OKI yang diselenggarakan di Istanbul, Turki. Menlu Retno menegaskan RI bahwa anggota OKI bersatu dan tegas mengecam serta menolak keputusan AS yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Selain meminta UE untuk tidak mengikuti jejak Negeri Paman Sam, perempuan kelahiran Semarang itu juga mengajak UE mendukung Palestina melalui berbagai bantuan kemanusiaan, ekonomi dan peningkatan kapasitas. Isu palestina bukan satu-satunya isu yang dibahas oleh kedua perempuan hebat tersebut.

Menlu Retno dan Mogherini juga membahas perkembangan di Rakhine State. Dalam kaitan ini Menlu RI dan Komisioner UE mengharapkan agar perjanjian antara Bangladesh dan Myanmar mengenai repatriasi pengungsi dapat segera diimplementasi. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI