Menlu Rusia Sebut Hitler Keturunan Yahudi

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL, KRJOGJA.com – Israel mengecam Rusia terkait pernyataan menteri luar negeri mengenai Nazisme dan anti-Yahudi, termasuk klaim bahwa Adolf Hitler adalah seorang Yahudi. Israel, yang memanggil duta besar Rusia untuk menanggapinya, mengatakan pernyataan itu menyalahkan orang-orang Yahudi atau pembunuhan mereka sendiri dalam Holokos.

Ini merupakan penurunan tajam hubungan antara kedua negara pada waktu Israel berusaha menjaga posisi netral antara Rusia dan Ukraina. Ketika ditanya dalam wawancara dengan sebuah saluran berita Italia mengenai klaim Rusia bahwa negara itu menyerang Ukraina untuk “mendenazifikasi” negara itu, Sergey Lavrov menyatakan Ukraina masih dapat memiliki unsur-unsur Nazi meskipun sejumlah tokoh, termasuk presiden negara itu, adalah orang Yahudi.

“Hitler juga memiliki asal usul Yahudi, jadi ini tidak berarti apapun,” katanya.

Dalam beberapa pernyataan paling keras sejak dimulainya perang di Ukraina, Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid menyebut pernyataan Lavrov “tidak termaafkan dan memalukan serta merupakan kekeliruan sejarah yang mengerikan.” (*)

BERITA REKOMENDASI