Menteri Amerika Kunjungi Taiwan

Editor: Ivan Aditya

TAIWAN, KRJOGJA.com – Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat Alex Azar bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dalam pertemuan tingkat tinggi di Taipei, Senin (10/08/2020). Ini merupakan kunjungan tingkat tinggi pertama bagi pejabat kabinet Amerika serikat sejak putusnya hubungan diplomatik antara Washington dan Taipei pada 1979.

Tsai mengatakan kepada wartawan di Gedung Kantor Kepresidenan bahwa dia mencari “lebih banyak lagi terobosan dan hasil kerja sama” dalam menangani pandemi virus corona dan masalah lainnya.

Menurutnya, penanganan bersama bisa berkontribusi pada pembangunan damai berkelanjutan di kawasan Indo-Pasifik. Azar memuji tanggapan Taiwan terhadap Covid-19 dan mengatakan keberhasilan negara itu merupakan penghargaan atas sifat terbuka, transparan, demokratis dari masyarakat dan budaya Taiwan.

“Merupakan kehormatan sejati berada di sini untuk menyampaikan pesan dukungan dan persahabatan yang kuat dari Presiden Trump ke Taiwan,” ujar Azar.

Azar juga dijadwalkan akan mengadakan konsultasi dengan pejabat kesehatan dan menyampaikan pidato dalam kunjungan tiga hari ke Taiwan. Taiwan dianggap berhasil menekan laju penyebaran virus corona dengan mencatat hanya 277 kasus. (*)

BERITA REKOMENDASI