Menteri Pertahanan China Temui Prabowo

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Menteri Pertahanan China Wei Fenghe dilaporkan menemui Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto, Selasa (08/09/2020). Pertemuan tersebut dilakukan satu hari setelah Wei mengunjungi Pemimpin Malaysia di Kuala Lumpur.

Kunjungan itu disebut dilakukan sebagai upaya China menyeimbangkan pengaruh AS di Asia-Pasifik di tengah meningkatnya ketegangan antar kedua negara di Laut China Selatan (LCS).

Kunjungan Wei ke Indonesia sendiri telah dikonfirmasi Juru Bicara Kementerian Pertahanan, Dahnil Anzar. Dia bilang pertemuan tersebut berlangsung pukul 16.00 waktu Indonesia.

Kendati demikian belum ada informasi lebih lanjut tentang bahasan yang akan dilakukan antara Prabowo dan Wei.

Meski berbatasan langsung dengan Laut China Selatan, Indonesia tidak memiliki sengketa wilayah dengan China di perairan tersebut. Namun, Indonesia merupakan salah satu negara yang mendukung kode etik Laut China Selatan segera diterapkan.

Indonesia juga tidak pernah menempatkan diri sebagai negara yang turut bersengketa dalam perebutan wilayah di Laut China Selatan. Namun, belakangan aktivitas Beijing di dekat perairan Natuna kian mengkhawatirkan Jakarta. (*)

BERITA REKOMENDASI