Merk Smartphone Menentukan Kepribadian

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS (KRjogja.com) – Sebuah studi baru yang dipresentasikan pada konferensi tahunan Komunitas Psikologi Inggris bagian Psikologi Sosial di Cardiff, menemukan bahwa pilihan smartphone dapat berbicara banyak tentang kepribadian seseorang.

"Pilihan Smartphone adalah tingkat yang paling dasar dari personalisasi smartphone, dan hal ini bahkan dapat memberitahu kita banyak tentang penggunanya," kata Heather Shaw, penulis penelitian dari University of Lincoln School of Psychology.

Pengguna Android dianggap memiliki tingkat kejujuran, kerendahan hati dan keramahan lebih besar, serta berkepribadian terbuka. Namun, mereka dipandang kurang ekstrovert dibandingkan pengguna iPhone.

Stereotip kepribadian ini ternyata terbukti dalam kehidupan nyata, sebab kejujuran dan kerendahan hati lebih banyak ditemukan dalam kepribadian pengguna Android. Sedangkan pengguna Apple berpikir bahwa memiliki ponsel dengan status yang tinggi itu penting.

Merek-merek smartphone kini menjadi ekstensi kecil diri kita. Merek smartphone juga mengirim pesan tak langsung tentang siapa diri kita kepada orang lain. (*)

BERITA REKOMENDASI