Merokok di Tempat Ini Kena Denda Rp 40 Juta

Editor: Ivan Aditya

THAILAND, KRJOGJA.com – Tahun lalu, pemerintah Thailand melarang pengunjung untuk merokok sembarang di sebanyak 20 pantainya. Dan tahun ini, aturan tersebut diperluas ke sebanyak empat pantai lainnya. Aturan baru tersebut resmi ditetapkan pemerintah Thailand melalui surat edaran Kementerian Lingkungan Hidup pada Kamis (01/02/2018) kemarin.

“Mulai hari ini, membuang puntung rokok sembarang di pantai-pantai Thailand merupakan kegiatan yang terlarang. Bagi mereka yang masih ingin merokok, wajib melakukannya di area yang telah disediakan,” kata Direktur Kantor Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Pesisir, Bannaruk Sermthong.

Sebanyak 24 pantai yang masuk dalam peraturan ini berada di 15 provinsi Thailand. Beberapa pantai populer yang berada dalam daftar ialah Pattaya, Phuket, Koh Samui, Phetchaburi, Chanthaburi, dan Songkhla.

Bagi yang melanggar bisa dikenai sanksi pidana atau denda sebesar 100 ribu baht atau Rp42 jutaan. Sampah puntung rokok memang menjadi masalah besar di Thailand, terutama di kawasan pantainya. (*)

BERITA REKOMENDASI