Mesir Kembali Buka Piramida

Editor: Ivan Aditya

MESIR, KRJOGJA.com – Pemerintah Mesir membuka kembali piramida bertingkat Djoser yang berusia 4.700 tahun kepada publik pada hari Kamis (05/03/2020), setelah direnovasi sekitar 14 tahun. Piramida setinggi sekitar 60 meter mendominasi pemandangan reruntuhan kota Saqqara yang luas di selatan Kairo, dan merupakan bagian dari ibukota kuno Memphis yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

“Kami telah menyelesaikan pemulihan. Piramida pertama dan tertua di Mesir yang dibangun Raja Djoser, pendiri Kerajaan Lama,” kata Menteri Kepurbakalaan dan Pariwisata Khaled el-Enany.

Renovasi dimulai pada 2006 tetapi dihentikan pada 2011 dan 2012 karena alasan keamanan, sebelum dilanjutkan pada 2013. Pemberontakan di Mesir pada tahun 2011 yang menggulingkan diktator lama Hosni Mubarak, membuat industri pariwisata sebagai salah satu sektor yang terpukul dalam kekacauan yang terjadi.

Pembukaan kembali hari Kamis dihadiri oleh Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouli serta sejumlah duta besar negara asing. Perdana menteri mengatakan renovasi menelan biaya lebih dari 104 juta pound Mesir (US$ 6,66 juta atau Rp93,7 miliar). (*)

BERITA REKOMENDASI