Michelle Obama Ajak Mahasiswa Protes Antirasisme

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Mantan ibu negara Amerika Serikat, Michelle Obama memberikan pidato kelulusan angkatan 2020. Dalam sesi pidato yang disiarkan daring melalui YouTube, Michelle mengajak lulusan ikut bersuara dalam aksi protes terkait kebrutalan polisi dan aksi rasisme hingga berujung menewaskan George Floyd.

“Jadi hari ini saya berbicara kepada kalian, bukan sebagai mantan ibu negara tapi sebagai orang di kehidupan nyata, seorang ibu, seorang mentor, warga negara yang peduli dengan masa depan negara kita karena saat ini, semua itu telah dilucuti. Banyak dari kita memperhitungkan esensi paling dasar dari siapa kita,” lanjutnya.

Selama beberapa bulan terakhir, Michelle Obama menyebut fondasi AS tengah terguncang, terlebih setelah insiden yang menewaskan Floyd. Istri Barack Obama ini mengajak para lulusan untuk memastikan setiap aksi protes dilakukan secara terencana, terorganisir, mobilisasi, dan mendorong mereka untuk ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum.

“Para lulusan sekalian, kemarahan adalah tekanan yang kuat. Ini bisa menjadi kekuatan yang berguna, tapi jika dibiarkan, itu hanya akan menimbulkan kerusakan dan menghancurkan serta menabur kekacauan di dalam dan luar. Tapi ketika kemarahan sudah terfokus, ketika disalurkan ke sesuatu yang lebih, oh, itu adalah hal yang mengubah sejarah,” ucapnya. (*)

BERITA REKOMENDASI