Milisi Myanmar Siap Lawan Junta Militer

Editor: Ivan Aditya

MYANMAR, KRJOGJA.com – Sejumlah kelompok milisi etnis di Myanmar menyatakan siap bersatu untuk menghadapi pasukan junta militer yang melakukan kudeta. Hal itu membuat perang saudara yang sangat dikhawatirkan banyak pihak bisa kembali pecah sewaktu-waktu.

Menurut kelompok milisi Persatuan Nasional Karen (KNU) yang bergerilya di kawasan perbatasan dekat Thailand, mereka tengah mempersiapkan diri menghadapi serbuan dari Angkatan Darat Myanmar.

“Ribuan tentara Myanmar sedang menuju wilayah kami dari berbagai arah. Kami tidak punya pilihan kecuali menghadapi ancaman dari pemerintah junta militer yang tidak sah demi mempertahankan wilayah kami,” demikian isi pernyataan KNU.

Pada akhir pekan lalu militer Myanmar menggempur sarang milisi Karen di kawasan pedalaman sebelah timur. Serangan udara itu membuat sekitar 3.000 penduduk di wilayah pedesaan setempat kabur ke dalam hutan menuju perbatasan Thailand untuk menyelamatkan diri.

Milisi Tentara Kemerdekaan Kachin dan Tentara Arakan juga tengah bersiap menghadapi gempuran dari militer Myanmar ke kantung-kantung pertahanan mereka. Sebab, kedua kelompok itu juga menyatakan menentang kudeta dan mengecam kekerasan aparat keamanan terhadap pedemo. (*)

BERITA REKOMENDASI