Militer Amerika Prediksi Tahun 2027 China Invasi Taiwan

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Komandan Tinggi Militer Amerika Serikat Laksamana Philip Davidson khawatir China dapat menginvasi Taiwan dalam enam tahun ke depan pada 2027. Hal tersebut lantaran Beijing mempercepat langkahnya untuk mengganti kekuatan militer Amerika di Asia.

“Saya khawatir mereka (China) mempercepat ambisi mereka untuk menggantikan Amerika Serikat dan peran kepemimpinan kami dalam tatanan internasional berbasis aturan pada tahun 2050,” kata Davidson

Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri hidup di bawah ancaman invasi China. Para pemimpin China memandang pulau itu sebagai bagian dari wilayahnya dan berjanji untuk merebut kembali suatu hari nanti, bahkan dengan kekerasan jika perlu.

Taiwan memisahkan diri dari Tiongkok saat perang saudara berakhir, tahun 1949 dan berada di bawah ancaman invasi yang terus-menerus oleh China.

Washington mengalihkan pengakuan diplomatik dari Taiwan ke China pada 1979, namun tetap menjadi sekutu tak resmi dan pendukung militer paling penting di pulau itu. (*)

BERITA REKOMENDASI