Militer Filipina Rebut Markas Militan di Marawi

MARAWI, KRJOGJA.com – Militer Filipina mengklaim pada Minggu 17 September 2017 bahwa mereka berhasil merebut markas militan radikal di Kota Marawi. Dengan perebutan ini maka Militer Filipina semakin dekat dengan tujuan akhir mereka yaitu untuk membebaskan Kota Marawi.

Militer Filipina yang dibantu sejumlah negara terus menggempur anggota militan radikal yang telah menduduki Kota Marawi selama hampir empat bulan. Konflik ini juga menyita perhatian sejumlah negara, seperti Indonesia dan Malaysia, karena terdapat kekhawatiran bahwa para militan di Marawi berniat membangun basis ISIS di Asia Tenggara.

Banyak di antara anggota militan radikal yang menjadikan masjid-masjid di Marawi sebagai lokasi persembunyian mereka. Sebagaimana dikutip dari AFP, Minggu (17/9/2017) militer Filipina sebut bahwa mereka berhasil merebut markas militan Marawi usai baku tembak yang dimulai pada Sabtu 16 September 2017.

“Ini merupakan keuntungan besar militer dalam melemahkan kelompok teroris dengan cara membuat mereka meninggalkan pusat kendali dan komandonya,” ujar pejabat militer Filipina, Jenderal Eduardo Ano, melalui pernyataannya.

Ia menegaskan, operasi militer di Marawi masih terus berlanjut dengan para anggota militan radikal yang dipukul mundur dari posisi mereka. Ano menambahkan, walau para militan akan melawan balik, militer Filipina sudah siap demi membebaskan Kota Marawi. (*)

BERITA REKOMENDASI