Militer Filipina Tembak Mati Militan Abu Sayyaf

Editor: Ivan Aditya

FILIPINA (KRjogja.com) – Dua pemimpin perompak yang terkait dengan kelompok militan Abu Sayyaf dilaporkan tewas dalam sebuah operasi militer di Pulau Sulu, Filipina. Berdasarkan identifikasi petugas berwenang, dua orang yang terbunuh itu adalah Nixon Muktadil dan saudaranya Brown. Mereka adalah pemimpin Muktadil Brothers.

Juru Bicara Komando Mindanao Barat (Westmincom) Maj Filemon Tan Jr mengatakan, pasukan militer yang terdiri dari Joint Task Force Sulu dan relawan Kota Panglima Estino melancarkan serangan melawan kelompok perompak tersebut di sekitar Pulau Tambulian, Kota Madya Pulau Pata, pada Selasa 27 September 2016 pagi.

“Dua bersaudara Muktadil adalah pemimpin dan navigator arsitek serta ahli melakukan penculikan warga asing di perbatasan Malaysia,” kata Tan.

Muktadil Brothers selama ini diyakini terlibat dalam serangkaian penculikan 26 warga negara Indonesia dan Malaysia di laut lepas antara batas-batas Malaysia, Indonesia, dan Filipina sejak awal tahun ini. Para korban penculikan adalah kru lima kapal tunda yang berbeda dan diserang kelompok perompak tersebut dalam rentang waktu enam bulan terakhir. Setelah melakukan penculikan, Muktadil Brothers menyerahkan para tawanan ke Abu Sayyaf di Sulu untuk mendapat uang tebusan. (*)

BERITA REKOMENDASI