Militer Jepang Kawal Tanker Masuk Teluk Oman

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah Jepang menyetujui rencana untuk mengirim prajurit dan kapal perang Angkatan Laut ke Timur Tengah. Mereka beralasan hal itu harus dilakukan untuk melindungi kapal tanker yang mengangkut minyak untuk Jepang, karena negara itu sangat tergantung dengan pasokan energi dari luar negeri.

Meski Jepang adalah sekutu Amerika Serikat, tetapi mereka tidak tergabung dalam pasukan koalisi AS yang ditempatkan di Timur Tengah. Diduga hal ini adalah upaya Jepang untuk mencoba terlihat netral karena mereka membeli minyak dari Iran.

Padahal, AS menjatuhkan sanksi dan embargo ekspor impor terhadap Iran. Jepang dilaporkan bakal mengerahkan sekitar 260 prajurit angkatan laut, satu kapal perusak, dan pesawat intai maritim Lockheed P-3C Orion.

Pesawat itu akan ditugaskan untuk mengumpulkan informasi intelijen di Teluk Oman, Laut Arab, serta Selat Bab el-Mandeb yang menghubungkan Laut Merah dan Teluk Aden. Jepang tidak akan mendekati Selat Hormuz yang menjadi lokasi operasi pasukan koalisi AS. (*)

BERITA REKOMENDASI