Militer Saudi Cegat Tujuh Rudal Houthi

Editor: Ivan Aditya

ARAB, KRJOGJA.com – Pertahanan udara Arab Saudi menembak jatuh tujuh rudal yang melintas di atas langit dari Yaman. Ketujuh rudal tersebut diduga ditembakkan oleh milisi Houthi, yang selama ini berusaha ditumpas oleh koalisi pimpinan Saudi.

Satu orang tewas akibat reruntuhan rudal, kematian pertama di Ibu Kota Saudi sejak negeri itu melancarkan kampanye militer di Yaman tiga tahun lalu. Kementerian Informasi Arab Saudi tidak menyatakan siapa yang menembakkan rudal. Saudi adalah pemimpin koalisi melawan pemberontak Houthi di Yaman. Houthi menggulingkan pemerintah Yaman pada 2015.

Pernyataan koalisi yang disiarkan kantor berita pemerintah Saudi Press Agency (SPA), menyatakan Saudi menghancurkan tiga rudal di timur laut Riyadh tepat sebelum tengah malam. Juga rudal-rudal lain yang ditembakkan ke kota-kota di selatan, Najran, Jizan dan Khamis Mushait.

"Puing-puing rudal-rudal itu jatuh menimpa sebuah rumah di Riyadh, membunuh penghuninya, seorang warga Mesir dan melukai dua warga Mesir lainnya," kata juru bicara koalisi Kolonel Turki al-Malki.

Sejumlah ledakan dan asap di udara. Saksi lain melaporkan kliatan cahaya panjang diikuti ledakan. Di kawasan Al-Malqa, unit gawat darurat berkumpul dengan sebuah lubang di tanah dan memeriksa pecahan kaca di rumah-rumah di dekatnya. (*)

BERITA REKOMENDASI