Militer Suriah Berhasil Rebut Aleppo

Editor: Ivan Aditya

SURIAH (KRjogja.com) – Tentara pemerintah Suriah menyatakan mereka telah berhasil merebut seluruh wilayah Aleppo timur. Dengan direbutnya wilayah ini, maka menjadikan wilayah Aleppo seluruhnya berada di bawah kendali pemerintah Suriah.

Kemenangan tentara Suriah di Aleppo timur sejatinya bukanlah hal yang mengejutkan. Pasalnya, kemarin pasukan Bashar al-Assad itu sudah berhasil menduduki 95 persen Aleppo timur.

Direktur Komite Keamanan Suriah, Mayor Jenderal Zaid al-Saleh menyatakan, Aleppo resmi direbut setelah pemberontak meninggalkan enam lingkungan terakhir yang mereka duduki, semalam. Al-Saleh menyebut tindakan pemberontak tersebut sudah diprediksi sebelumnya.

“Mereka (pemberontak) tidak punya banyak pilihan, yakni mereka menyerahkan diri atau mereka mati,” kata al-Saleh dalam sebuah pernyataan.

Direbutnya kembali Aleppo merupakan kemenangan terbesar bagi pemerintah Suriah. Presiden Suriah Bashar al-Assad sempat menyebut, walaupun tidak akan secara instan menghentikan perang di Suriah, tapi kemenangan di Aleppo setidaknya bisa menjadi awal dari akhir konflik berdarah di negaranya. (*)

BERITA REKOMENDASI