Militer Suriah Kuasai Aleppo

Editor: Ivan Aditya

SURIAH, KRJOGJA.com – Pasukan Suriah dilaporkan berhasil merebut Provinsi Aleppo di wilayah barat laut yang sebelumnya dikuasai kelompok pemberontak. Presiden Suriah, Bashar al-Assad, menyatakan situasi tersebut membuat mereka semakin dekat dengan kemenangan setelah perang sipil berkecamuk di negara itu sejak 15 Maret 2011.

“Rakyat berhak untuk membebaskan seluruh wilayah Suriah,” kata Assad dalam pidato yang disiarkan kantor berita SANA.

Menurut SANA, pasukan Suriah berhasil merebut 30 desa dan kota di wilayah barat Aleppo pada Minggu pekan lalu. Menurut stasiun televisi Suriah, Al-Ikhbariya, pasukan Suriah saat ini masih terlibat pertempuran dengan pemberontak di sebagian kawasan pedesaan Aleppo.

Saat ini wilayah utara Aleppo dikuasai oleh pasukan Turki dan milisi Suriah yang bersekutu dengan mereka. Sedangkan sebagian wilayah Aleppo di bagian barat jauh dikuasai pasukan etnis Kurdi.

Posisi kelompok pemberontak Suriah yang tadinya sangat kuat di Aleppo saat ini dilaporkan semakin terjepit dan mundur ke Provinsi Idlib. Pasukan Assad beserta Rusia terus menggempur mereka.

Assad menuduh milisi pemberontak menggunakan warga sipil sebagai tameng untuk mengadang pasukan Suriah. Kelompok pemberontak mundur dari kawasan timur Aleppo sejak empat tahun lalu, dan berkonsentrasi menghalau serangan pasukan Assad dari kawasan barat. Akibat pertempuran yang terus terjadi antara pemerintah dan pemberontak membuat sekitar 800 ribu penduduk sipil mengungsi. (*)

BERITA REKOMENDASI