Militer Turki Gempur Markas ISIS di Suriah

Editor: Ivan Aditya

SURIAH (KRjogja.com) – Pasukan Turki dibantu oleh jet tempur AS mulai menembakkan peluru artileri ke kota perbatasan Jarablus di Suriah dengan menargetkan markas ISIS, menurut sumber militer. Serangan darat hingga kini belum dilakukan, meski sekelompok pasukan khusus Turki dilaporkan sudah memasuki wilayah Suriah ketika jet tempur milik Turki dan koalisi pimpinan AS menghantam empat target ISIS.

“Tujuan operasi ini adalah memastikan keamanan di perbatasan dan integritas teritori Suriah, sembari mendukung koalisis AS melawan ISIS,” ujar salah satu sumber militer yang tak dipublikasikan namanya.

Turki bersumpah akan memberangus militan ISIS dari wilayah perbatasan, menyusul serangan bom bunuh diri yang diduga didalangi ISIS pada akhir pekan lalu. Serangan yang terjadi di wilayah selatan Gaziantep ini tejadi di sebuah pesta pernikahan Kurdi dan menewaskan 54 orang.

Selain itu, Turki juga tengah khawatir atas berkembangnya pengaruh militan Kurdi Syiah, YPG, di sepanjang perbatasannya, di tengah laporan bahwa YPG berhasil menguasai hampir seluruh kota Hasaka dari tangan pasukan pemerintah. (*)

BERITA REKOMENDASI