Militer Udara Amerika Serang Taliban

Editor: Ivan Aditya

AFGHANISTAN, KRJOGJA.com – Amerika Serikat kembali meluncurkan serangan udara ke Taliban meski mereka telah memutuskan untuk berdamai. Serangan udara diluncurkan AS setelah Taliban menyerang pos-pos pasukan Afghanistan di Provinsi Helmand.

Juru bicara pasukan AS di Afghanistan Sony Legett mengatakan serangan tersebut merupakan bentuk pertahanan dan pembelaan untuk pasukan Afghanistan.

Ia juga meragukan perjanjian perdamaian antara AS dan Taliban yang ditandatangani di Doha, Qatar.

“Kami mengimbau Taliban untuk menghentikan serangan yang tak diperlukan dan menjunjung tinggi komitmen mereka. Seperti yang telah kami tunjukkan, kami akan membela sekutu jika perlu,” demikian keterangan.

Sebelumnya gencatan senjata sebagian sudah mulai dilakukan di Afghanistan dan masih berlangsung hingga sekarang. Langkah yang kerap disebut “pengurangan kekerasan” ini membuat banyak warga Afghanistan yang selama ini hidup dalam ketakutan jadi lega.

Namun, usai penandatanganan perjanjian bersama AS, Taliban secara terbuka menyatakan ‘kemenangan’ terhadap AS. Mereka pun mengumumkan akan kembali menyerang pasukan nasional Afghanistan. (*)

BERITA REKOMENDASI