Misi China ke Mars Segera Mendarat

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – China akan segera bergabung dengan Amerika Serikat sebagai negara kedua yang mendarat dan mengoperasikan penjelajah di Mars. Pesawat luar angkasa Tianwen-1 Mars Beijing diperkirakan akan mendarat di Planet Merah dalam beberapa hari mendatang, paling cepat Sabtu (15/05/2021) pagi (Jumat malam waktu Timur).

Tianwen-1 tak berawak, misi pertama China ke Mars, diluncurkan pada Juli 2020 dalam perjalanan 465 juta kilometer untuk mencapai planet tersebut. Pesawat ruang angkasa itu memasuki orbit Mars pada bulan Februari dan mengirim kembali foto pertama planet tersebut dari jarak lebih dari satu juta kilometer.

“Wahana itu akan mengorbit, mendarat dan melepaskan semua penjelajah pada percobaan pertama, dan mengoordinasikan pengamatan dengan pengorbit,” menurut tim ilmiah di balik Tianwen-1.

Tianwen-1 adalah salah satu dari tiga misi Mars internasional yang diluncurkan musim panas lalu, bersama dengan penjelajah Perseverance NASA, yang mendarat di Mars pada Februari, dan Hope Probe milik Uni Emirat Arab, yang memasuki orbit di sekitar Mars, juga pada Februari.

Berbeda dengan misi AS dan China, penjelajag UEA tidak dimaksudkan untuk mendarat di Mars – cukup mempelajari planet tersebut dari orbit. Ketiga misi diluncurkan sekitar waktu yang sama karena keselarasan antara Mars dan Bumi di sisi yang sama dari matahari, membuat perjalanan ke planet merah menjadi lebih efisien. (*)

BERITA REKOMENDASI