Misi ke Bulan India Masuk Orbit

Editor: Ivan Aditya

INDIA, KRJOGJA.com – Pesawat luar angkasa Chandrayaan 2 India memasuki orbit bulan. Pesawat ini berhasil mengeksekusi salah satu manuver paling sulit dalam misi bersejarah ke Bulan.

Setelah empat minggu di ruang angkasa, pesawat itu menyelesaikan Lunar Orbit Insertion atau disebut juga Penyisipan Orbit Lunar sesuai rencana. Hal ini dikemukakan oleh Organisasi Penelitian Antariksa India (ISRO).

"Penyisipan selesai dengan sukses seperti yang direncanakan, menggunakan sistem propulsi onboard. Durasi manuver adalah 1738 detik," kata badan antariksa nasional India.

India berupaya menjadi negara keempat setelah Rusia, Amerika Serikat dan China yang mendaratkan pesawat ruang angkasa di Bulan. Jika sisa misi berjalan sesuai rencana, penyelidikan India akan mendarat di Kutub Selatan Bulan pada 7 September.

Untuk memasuki orbit terakhir di atas kutub bulan, Chandrayaan 2 akan menjalani empat manuver serupa. Kepala ISRO K. Sivan mengatakan manuver itu merupakan tonggak sejarah penting bagi misi tersebut, dan menambahkan ia berharap untuk pendaratan yang sempurna bulan depan. (*)

BERITA REKOMENDASI