Misi NASA ke Bulan Telan Dana Rp 414 Triliun

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Badan Antariksa dan Penerbangan Amerika Serikat NASA berencana kembali mengirim astronout ke Bulan pada 2024. NASA memperkirakan rencana tersebut menelan biaya hingga US$28 miliar atau Rp414 triliun (kurs Rp14.785).

Anggaran pengiriman astronout ke bulan tengah dibahas oleh anggota dewan AS. Namun, Presiden AS Donald Trump telah menyetujui anggaran sebesar US$28 miliar itu, yang dibagi sebanyak US$16 miliar atau Rp236 triliun digunakan untuk modul pendaratan di Bulan.

Administrator NASA Jim Bridenstine mengatakan situasi politik sering kali menjadi ancaman terbesar bagi misi yang dinamakan Artemis, terutama sebelum pemilihan umum presiden AS yang bakal berlangsung pada November 2020.

Sebab, mantan Presiden AS Barack Obama diketahui pernah membatalkan rencana untuk misi berawak ke Mars setelah mengetahui proyek tersebut menghabiskan miliaran dollar uang negara.

“Jika Kongres menyetujui tahap pertama US$3,2 miliar (Rp47 triliun) sebelum Natal, kami masih di jalur untuk pendaratan di bulan 2024,” kata Bridenstine. (*)

BERITA REKOMENDASI