Mosad Diduga Terlibat Sabotase Fasilitas Nuklir Iran

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL, KRJOGJA.com – Badan Intelijen Israel (Mossad) diduga berada di balik aksi sabotase terhadap fasilitas nuklir Iran di Natanz. Klaim itu disampaikan oleh stasiun radio Israel, Kan Radio, dengan mengutip seorang sumber.

Menurut laporan Kan Radio, sabotase terhadap fasilitas yang menyimpan mesin sentrifugal pengayaan uranium Iran di Natanz dilakukan dalam operasi intelijen Mossad. Jaringan listrik di fasilitas pengayaan uranium bawah tanah itu padam total diduga akibat serangan siber. Lokasinya berada di selatan Ibu Kota Teheran.

Pada tahun lalu, fasilitas pengayaan uranium itu juga mengalami kebakaran yang juga diduga akibat sabotase. Iran menyatakan pemadaman listrik itu tidak membahayakan ataupun menyebabkan polusi radioaktif.

Meski begitu, sampai saat ini Iran juga belum menyatakan siapa pihak yang menjadi dalang dalam kejadian itu. Aksi sabotase itu terjadi menjelang peringatan Hari Teknologi Nuklir Iran. Sehari sebelum sabotase, ilmuwan nuklir Iran mulai mengoperasikan mesin sentrifugal pengayaan uranium yang diklaim lebih canggih. (*)

BERITA REKOMENDASI