Museum Hagia Sophia Bakal Jadi Masjid

Editor: Ivan Aditya

TURKI, KRJOGJA.com – Pengadilan Turki mengumumkan keputusan untuk kembali memfungsikan museum Hagia Sophia menjadi masjid. Pengadilan administratif utama Turki membatalkan keputusan presiden 1934 yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum.

Kendati demikian, putusan pengadilan ini masih menunggu keputusan Presiden Recep Tayyip Erdogan. Keputusan ini menindaklanjuti rencana Erdogan yang hendak mengembalikan fungsi museum sebagai masjid. Menurutnya, bangunan bersejarah tersebut sebagai museum merupakan langkah yang keliru.

Rencana tersebut sempat menuai protes dari banyak pihak, salah satunya Amerika Serikat. “Hagia Sophia tidak akan disebut museum. Status itu akan dicabut. Kita akan menyatakan Hagia Sophia adalah masjid. Mereka yang berkunjung ke Hagia Sophia akan datang ke sebuah masjid,” kata Erdogan.

Alasan Erdogan menyatakan akan mengubah status Hagia Sophia sedikit beraroma politis. Sebab, saat ini dia sedang mengumpulkan dukungan untuk partainya, Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), dalam menghadapi pemilihan kepala daerah pada 31 Maret mendatang. (*)

BERITA REKOMENDASI