Myanmar Sita Kapal Angkut 93 Rohingya

Editor: Ivan Aditya

MYANMAR, KRJOGJA.com – Otoritas Myanmar menyita satu kapal pembawa 93 orang diduga Muslim Rohingya yang berupaya kabur dari kamp penampungan di Rakhine ke Malaysia. Direktur kantor pemerintah daerah Dawei, Moe Zaw Latt, mengatakan bahwa pihaknya pertama kali mengetahui keberadaan kapal mencurigakan itu dari laporan nelayan.

Angkatan laut kemudian menghentikan kapal itu dan menahan 93 orang yang ada di dalamnya. Saat ditanya, puluhan orang itu mengaku berasal dari kamp penampungan Thae Chaung di ibu kota negara bagian Rakhine, Sittwe. "Mereka mengaku lari dari kamp. Mereka mengaku ingin kabur ke Malaysia," ucap Moe.

Kabar penangkapan ini kembali menyita perhatian publik setelah sejumlah gambar beredar di berbagai media sosial. Dalam sejumlah foto, terlihat kapal yang disita oleh aparat. Kapal itu memang tipe armada yang biasa digunakan Rohingya untuk kabur dari Rakhine.

Ini adalah kali ketiga kapal pembawa Rohingya ditahan ketika menuju Malaysia menjelang akhir tahun ini. Juru bicara badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa pun sudah sempat mendesak agar ada upaya pencegahan karena ketika musim muson sudah lewat, akan semakin banyak kapal imigran yang berlayar. (*)

BERITA REKOMENDASI