Myanmar Tangkap Puluhan Muslim Rohingya

Editor: Ivan Aditya

MYANMAR, KRJOGJA.com – Otoritas Myanmar mengamankan 22 etnis minoritas Muslim Rohingya yang mencoba kabur dari negara bagian Rakhine menggunakan kapal pada pekan lalu.

"Ada total 22 orang, sembilan pria dan 13 wanita ditemukan pada Rabu pagi pekan lalu," ucap juru bicara Kepolisian Myanmar, Ayeyarwaddy Tu Shwe.

Tu Shwe menuturkan puluhan Rohingya itu telah berlayar selama empat hari dari kamp penampungan Thetkaypyin di dekat Ibu Kota Negara Bagian Rakhine, Sittwe. Dia menerangkan puluhan Rohingya terpaksa berlabuh lagi ke daratan karena kapal yang mereka tumpangi mulai bocor. Orang-orang Rohingya ini berupaya pergi ke Yangon untuk mencari pekerjaan.

Hingga kini, Tu Shwe mengatakan belum ada keputusan dari pejabat berwenang apakah akan akan dikirim kembali ke Rakhine atau tidak. Pihak kepolisian masih memburu kemungkinan adanya pelaku perdagangan yang terlibat dalam kasus ini.

Penangkapan terhadap muslim Rohingya bukan pertama kali terjadi. Pada September lalu sebanyak 30 Rohingya, termasuk sembilan anak-anak ditahan ketika hendak menempuh perjalanan dari Rakhine ke Yangon menggunakan perahu. (*)

BERITA REKOMENDASI