Nah Lo..Peneliti China Tuding Virus Corona Berasal dari India atau Bangladesh

SHANGHAI, KRJOGJA.com – Peneliti di China telah mengklaim bahwa virus corona mungkin berasal dari India atau Bangladesh, dalam apa yang diduga upaya mengalihkan kesalahan dari Wuhan.

Sebuah makalah dari peneliti di Institut Ilmu Biologi Shanghai menunjukkan virus corona telah ada di anak benua India sebelum mewabah di Wuhan, China tengah pada Desember 2019. Namun, teori itu diperdebatkan.

Penelitian yang berjudul ‘The Early Cryptic Transmission and Evolution of Sars-Cov-2 in Human Hosts’, menentang pendapat umum di antara para ilmuwan bahwa virus corona baru berasal dari pasar basah di Wuhan.

Penelitian yang di-posting SSRN.Com, platform pracetak dari jurnal medis terkemuka The Lancet, pada 17 November dan mendasarkan temuannya pada penelitian strain virus yang disediakan oleh 17 negara berbeda.

Penelitian, yang dipimpin oleh Dr Shen Libing, mengklaim pendekatan tradisional untuk melacak asal-usul strain virus corona tidak berhasil karena menggunakan virus kelelawar yang ditemukan di Yunnan, barat daya China, beberapa tahun lalu.

Para ilmuwan menggunakan ini sebagai referensi leluhur untuk memeriksa sejarah evolusi virus itu pada kelelawar, bukan asal mula virus pada manusia. Dalam makalah tersebut, para peneliti mengklaim metode ini membuat para ilmuwan tidak bisa melacak asal-usul pandemi.

Karenanya, mereka menggunakan metode baru yang melibatkan penghitungan jumlah mutasi pada setiap jenis virus.

BERITA REKOMENDASI