NASA Berusaha Belokkan Asteroid yang Akan Tabrak Bumi

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – NASA dikabarkan segera bertemu dengan Badan Antariksa Eropa (ESA) di Roma, Italia untuk melakukan misi bersama yakni mengalihkan asteroid yang diperkirakan akan menabrak Bumi pada 2027.

Salah satu cara yang dilakukan untuk membelokkan asteroid berukuran lebih dari Monas itu dengan menabrakan pesawat ruang angkasa ke permukaan asteroid.

Kedua badan antariksa dunia itu akan menyiapkan dua pesawat ruang angkasa. Salah satu pesawat akan dihantam ke permukaan asteroid, sementara pesawat lainnya akan melakukan pengumpulan data terkait dampak yang ditimbulkan dari tabrakan tersebut.

"Pesawat ruang angkasa DART sudah dalam tahap konstruktsi untuk diluncurkan pada musim panas 2021 dan akan di uji coba pada September 2022," tulis Juru Bicara ESA.

Saat uji coba dilakukan, tim gabungan NASA dan ESA telah menyiapkan miniatur asteroid yang bernama LICIACube (Light Italian CubeSat) dan diterbangkan sejauh 6,6 kilometer.

Pesawat kedua dirancang sendiri oleh ESA yang disebut dengan Hera. Pesawat ini dikabarkan tengah menjalani pengerjaan tahap akhir dan dijadwalkan akan di uji coba pada Oktober 2024. (*)

BERITA REKOMENDASI