NASA Gagas Pemakaman Manusia di Bulan, Dibanderol Rp 176,5 juta

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Abu manusia yang dikremasi di bumi akan dikirim tahun 2021 ke bulan. Hal itu menjadi salah satu program NASA terkait layanan pemakaman komersial manusia di Bulan.

Namun pemakaman tersebut bukan dalam bentuk jenazah manusia utuh. Perusahaan memorial luar angkasa Texas Celestis akan menyediakan lebih dari selusin kapsul yang membawa abu manusia dan DNA mereka untuk penerbangan ke Bulan itu.

NASA menamakan misi itu dengan Luna 2, yang akan diluncurkan pada Juli 2021 ke Bulan yang disebut wilayah Lacus Mortis. Sampai saat ini hanya satu orang ilmuwan planet revolusioner yaitu Eugene Shoemaker yang telah terkubur di permukaan Bulan.

“Kapsul peringatan Celestis akan tetap berada di Bulan sebagai penghormatan terakhir kepada jiwa pemberani yang tidak pernah berhenti meraih bintang,” kata pihak Celestis.

Paket pemakaman hasil kolaborasi NASA dan Celestis ini dibanderol dengan harga dari US$12.500 atau Rp176,5 juta. Untuk penerbangan Juli 2020, NASA dilaporkan telah mengantongi daftar abu jenazah yang akan dimakamkan di Bulan.

Ahli Geologi Bulan NASA, Mareta West akan menentukan pendaratan kapsul dan menaburkan abu sebagai bagian dari misi di Bulan. Pemakaman Celestis akan dibawa ke permukaan Bulan oleh pesawat ruang angkasa yang dibuat oleh Astrobotic, perusahaan robotika swasta AS. (*)

BERITA REKOMENDASI