NASA Kirim Robot ke Mars

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Robot Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bernama Perseverance telah sukses mendarat di Mars sambil membawa Ingenuity, sebuah helikopter yang didesain khusus untuk menjelajah di planet merah itu.

DW menjelaskan untuk sampai bisa mendarat di Mars robot itu mulai turun dengan kecepatan 20 ribu km per jam dari angkasa. Parasut dan berbagai mekanisme pendaratan membuat kecepatan berkurang hingga 3 km per jam kemudian enam ban yang dimilikinya bisa menyentuh permukaan.

Perseverance mendarat di Kawah Jezero, di utara ekuator Mars, di wilayah yang disebut Isidis Planitia. Wilayah ini target favorit misi NASA, termasuk robot Curiosity yang masih aktif sampai sekarang.

Namun posisi Curiosity kini telah menjauh 3.700 km di sekitar Kawah Gale. Perseverance adalah robot terbesar NASA, misinya mencari air dan tanda-tanda kehidupan di bawah permukaan planet.

Tugas lain robot ini yakni mengumpulkan sampel batu dan tanah, menempatkannya dalam penyimpanan khusus, yang direncanakan diambil misi gabungan AS dan Eropa, kemudian dibawa ke Bumi dalam jangka waktu 10 tahun.

Perseverance telah mengirim gambar pertama ke Bumi setelah melakukan pendaratan. Gambar itu adalah permukaan Mars seperti diperlihatkan di akun Twitter resmi Perseverance. (*)

BERITA REKOMENDASI